Minggu, 22 Januari 2017

Bandar Udara Terluas di Indonesia

Dari sekian banyak bandar udara di Indonesia, bandara manakah yang menurut anda terluas di Indonesia? selengkapnya:



1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta



Bandara ini melayani ibukota Indonesia, Jakarta. Bandara ini pun menjadi bandara terbesar dalam hal luas dan tingkat kesibukannya. Luasnya yaitu 18 km persegi dan melayani lebih dari 47 juta penumpang di tahun 2011.

Ada 3 bangunan terminal di Bandara Soekarno-Hatta. Setiap terminal (kecuali terminal 3) dibagi menjadi 3 concourse yaitu terminal 1A, 1B, dan 1C; terminal 2A, 2B, dan 2C.




2. Bandara Internasional Kualanamu.


Bandara baru yang melayani kota Medan yang terletak di kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang, Bandara ini telah beroperasi sejak 25 Juli 2013 (soft opening). Dengan luas 1365 Ha, menjadikannya terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta dalam segi luas lahan. Saat ini Bandara Kualanamu memiliki 1 landas pacu dengan ukuran 3.750 x 60 m, dua taxi-way paralel 3.750 m dan 2.000 m (masing-masing lebarnya 30 m), Luas apron 664 m² yang dapat menampung 33 pesawat dengan 8 garbarata, dan dapat menampung 9 juta penumpang per tahun. Tidak teralalu besar memang. Namun itu baru fase pertama. Jika fase ketiga telah selesai, maka Kualanamu akan dapat menampung hingga 23 juta orang, memiliki 2 landas pacu, dan berbagai fasilitas lainnya.


Diprediksi bandara ini akan menjadi salah satu bandara terbaik di asia tenggara karena letaknya yang sangat strategis dan memiliki fasilitas lengkap. Bahkan, bukannya tidak mungkin Bandara Kualanamu akan menyaingi Bandara Changi di Singapura.

Oh ya, bandara ini juga menjadi bandara pertama di Indonesia yang langsung terhubung dengan jaringan kereta api (bukan dekat dengan stasiun KA, tapi stasiun-nya memang dikhususkan untuk bandara)





3. Bandara Internasional Ngurah Rai






Untuk menyambut KTT APEC 2013, Angkasa Pura I membuat terminal baru untuk bandara yang terletak 13 km dari Kota Denpasar ini. Bukan hanya terminal, infrastruktur dan fasilitas lainnya juga diperluas. Misalnya saja membuat apron baru yang dapat menampung belasan pesawat. Dengan siapnya semua ini, maka Bandara Ngurah Rai dapat menampung hingga 25 juta penumpang per tahun, menyamai (atau mungkin melebihi) Bandara Soekarno-Hatta.




4. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Terletak 30 km dari kota Makassar. Setelah mengalami proses perluasan dan pengembangan, Bandara Sultan Hasanuddin memiliki terminal penumpang berkapasitas 7 juta penumpang per tahun, apron (lapangan parkir pesawat) yang berkapasitas tujuh pesawat berbadan lebar, landas pacu baru sepanjang 3.100 meter x 45 meter, serta taxiway. 





Sekian postingan ini, Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Baca juga artikel tentang :
Wisata
Surf
Teknologi Informasi
Kesenian dan Budaya Bali

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blogroll

Pages - Menu

About